Situs ini berisi tutorial, tips dan trik, artikel, berita dan informasi seputar dunia IT terlebih mengenai Komputer (Hardware dan Software), Internet, Windows, Android, Linux, Dll

Tutorial membuat program android sederhana bagi para pemula ( membuat helloword dan mencetak tulisan )


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh...


Halo kawan-kawanku semuanya,. Mmm.. sebelumnya saya telah posting mengenai “Langkah awal memulai pemprograman mobile (Install Tools)”. Nah, jadi setelah kemarin kita belajar mengenai cara menginstall tool untuk pemprogramanandroid, Kali ini kita akan belajar bareng mengenai bagaimana langkah awal dalam belajar ngoding di pemprograman mobile, nah, yang akan kita buat kali ini adalah program sederhana terlebih dahulu yaitu membuat Hello Word dan memodifikasi serta menampilkan text pada program android.

Oke.. langsung saja kita mulai step by stepnya :
1. Baca basmallah ya jangan kelupaan.. J
2. Sebelumnya jangan lupa di install dulu tool-tool untuk melakukan pemprograman mobile, Nah. Teman-teman dapat membacanya pada posting saya “Langkah awal memulai pemprograman mobile (Install Tools)”.
3. Setelah mendownload tool, silahkan teman-teman buka folder adt-bundle-windows-x86-20131030. Nah setelah itu siahkan masuk ke folder eclipse.
Spoiler Screenshots "gambar folder eclipse":
4. Nah silahkan dibuka tuh, eclipse.exe’nya.
Spoiler Screenshots "gambar lokasi eclipse.exe":
5. Setelah teman-teman buka eclipse.exe nanti akan ada window “workspace launcher” nah silahkan pilih lokasi dimana teman-teman mau menyimpan workspace atau hasil kerja teman-teman.
Spoiler Screenshots "gambar setting workspace":
6. Setelah masuk ketampilan awal, aplikasi eclipse. Mari kita mulai langkah membuat projectnya. Setelah teman-teman masuk ke interface awal eclipse silahkan teman-teman klik file -> new -> Android Aplications Project
Spoiler Screenshots "Gambar dari penjelasan diatas":
7. Setelah itu maka akan muncul window baru New Android Aplication, Nah kita akan disuruh untuk memasukkan nama project yang akan kita buat, nah disini saya akan membuat nama projectnya “CobaBuatHelloWorld”. Nah setelah itu ada pemilihan Minimum Requirement SDK Nah disitu pilihlah kirannya aplikasi teman-teman nanti mau digunakan pada android dengan spesifikasi minimum OS seperti apa, Nah disini saran saya Untuk minimum OS pilihlah yang paling bawah dan Untuk Compile With’nya pilihlah yang paling terbaru.
Spoiler Screenshots "Gambar setting nama dan spesifikasi project":
8. Seteleh itu akan muncul tampilan seperti yang dibawah ini, tampilan dibawah ini pada intinya adalah setting dimana lokasi workspace yang nantinya akan kita gunakan untuk menyimpan workspace kita. Setelah itu langsung pilih next saja.
Spoiler Screenshots "Gambar Setting custom workspace":
9. Nah setelah kita tekan next, kita akan dihadapkan pada window Configure Launcher Icon, Nah disini kita dapat menambah, mengganti dan mengatur icon Aplikasi Android yang akan kita buat. Silahkan lihat pada Gambar dibawah ini.
Spoiler Screenshots "Cara Setting Louncher Icon":
10.  Nah setelah kita melakukan setting louncher, maka akan muncul window baru yaitu Create Activity,  Nah disini kita pilih  Blank Activity saja lalu klik next.
Spoiler Screenshots "Tampilan window Create Activity":
11. Nah setelah itu teman-teman akan dihadapkan oleh window Blank Activity, Nah disitu kita dapat mengganti nama dari activity kita. Tapi disini saya akan langsung tekan finish saja.
Spoiler Screenshots "Tampilan window Blank Activty":
12. Nah setelah itu kita akan dihadapkan pada tampilan dimana terdapat project yang telah kita buat tadi.
Spoiler Screenshots "Tampilan awal project HelloWorld":
13. Nah setelah kita cermati dari sub-bagian project yang kita buat tadi terdapat 4 folder yang fungsinya sangat penting, yaitu : src, gen, assets, res. Nah masing-masing dari folder tersebut mempunyai tugas dan fungsi masing-masing, nah penjelasannya sebagai berikut :
src : merupakan folder untuk source
gen : merupakan folde rmisterius berisikan file yang digenerate oleh ADT
assets : merupakan folder untuk menempatkan berbagai file asset (data) yang dimiliki project (contoh : file data dari SQLite). Data difolder ini dapat diakses melalui Asset Manager atau metode getAssets().
res : merupakan folder untuk menempatkan berbagai resource yang digunakan oleh project, misal : filexml, icon atau picture
Spoiler Screenshots "Tampilan 4 folder tersebut":
14. Nah untuk tutorial kali ini ada 3 file yang akan sering kita utak-atik yaitu MainActivity.java, activity_main.xml, strings.xml.
Spoiler Screenshots "Inilah ke 3 file yang dimaksudkan diatas":
15. Oke, untuk yang pertama kali kita buka, silahkan teman-teman buka folder res -> values -> lalu pilih strings.xml, nah jika yang muncul Android Resources silahkan klik string.xml pada dialog box dibawahnya. Silahkan lihat pada gambar dibawah ini :
Spoiler Screenshots "Cara memunculkan source code string.xml":
16. Nah setelah melakukan langkah diatas maka akan didapati tampilan seperti yang dibawah ini :
Spoiler Screenshots "Tampilan awal string.xml":
17. Nah pada strings.xml ini berfungsi menyimpan string object agar nilai dari string object tersebut dapat digunakan oleh komponen - komponen android eclipse, Yap.. pada tutorial kali ini saya akan menggunakan beberapa varibel misalnya Awal_Pembuka, NIM, Nama_Lengkap, Kel_Kelas, Kata_Mutiara1, Kata_Mutiara2, Kata_Mutiara3, Kata_Mutiara4. Nah untuk melihat contohnya langsung saja ke gambar yang dibawah ini :
Spoiler Screenshots "Cara Menambahkan Variabel pada Strings.xml":
18. Nah setelah kita tadi otak-atik menambahkan variable string ke dalam strings.xml, kini sekarang saatnya kita utak atik dibagian activity_main.xml yang berada dalam folder res -> layout -> activity_main.xml. Nah setelah kita membuka activity_main.xml. Kita akan melakukan beberapa tahap : (a) Dibagian pokok kiri atas activity_main terdapat panel Palatte, (b) nah pada palatte itu klik Form Widget, maka akan didapati tulisan TextView, (c) nah langsung di seret / drag saja kedalam layer dibawah tulisan helloword. (d) Nah setelah itu klik kanan pada TextView yang kita drag tadi terus pilih Edit Text, atau teman-teman langsung bisa memanggil fungsi itu dengan menekan tombol F2, (e) Setelah itu akan muncul jendela Resource Chooser, nah pada jendela Resource Chooser silahkan pilih variable yang telah kita buat tadi. (f) Nah, setelah kita memilih variable terhadap TextView tadi maka TextView tersebut akan secara otomatis berubah mempunyai value seperti yang telah kita definisikan pada bagian strings.xml tadi. (g) Jadi lakukan terus langkah diatas sampai variable yang kita buat tadi terpakai semua.
Untuk lebih jelasnya mengenai alur langkah diatas dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
Spoiler Screeshots "Cara sederhana otak-atik activity_main.xml":
19. Nah setelah kita lakukan beberapa langkah tadi maka akan didapati hasil pada activity_main.xml seperti yang dibawah ini :
Spoiler Screeshots "Hasil sederhana otak-atik activity_main.xml":
20. Oke kita sudah selesai ngoding, nah masalahnya bagaimana cara melakukan compilenya ? Oke langsung aja yah.. jadi disini saya akan mengajari teman-teman yang sudah mempunyai android untuk menggunakan devicenya sebagai runner, compiler program yang telah kita buat tadi.  Yapp langsung saja : (a) Pertama-tama sambungkan android teman-teman kedalam komputer teman-teman menggunakan kabel usb (b) Oh iya jangan kelupaan untuk terlebih dahulu teman-teman install driver USB dari smartphone teman-teman kedalam komputer yang teman-teman gunakan. Jika ada yang tidak mempunyai drivernya bisa request ke saya untuk saya carikan J, (c) Setelah teman-teman install driver USB smartphone, langsung saja tuh si lenny dibuat ke modus USB Debugging (d) Ok, si lenny siap di gunakan untuk run aplikasi kita.
Yapp.. disini saya menggunakan Smartphone lenovo s920, nah inilah screenshot untuk mempermudah langkah-langkah diatas.
Spoilers Screenshots "Cara melakukan setting pada smartphone sebagai Running Android Device":
21. Yap setelah itu langsung saja pada project yang telah kita buat tadi, sebagai contohnya yang saya buat tadi adalah project CobaBuatHelloWorld kita klik kanan pada project, terus Run As -> Android Aplication.
Spoiler Screenshots "Langkah Melakukan Run As":
22. Setelah kita melakukan langkah diatas maka kita akan dihadapkan pada window baru Android Device Chooser, Nah silahkan pilih device android teman-teman, kemudian klik ok. Untuk lebih jelasnya klik pada spoiler dibawah ini :
Spoiler Screenshots "Android Device Chooser":
23. Wowowowo... langsung saja, cek tuh di SmartPhone kita bahwa aplikasi sudah terinstall di gadget kita, silahkan lihat beberapa screenshots pada android saya pada spoiler dibawah ini :
Spoiler Screenshots "Wujud program yang dibuat pada android device saya":
Ok, sekian terimakasih.. Semoga dengan hal ini akan mengawali kita agar lebih bersemangar dalam mencoba, oprek, otak-atik dan berkarya dengan pemprograman mobile.
Semoga dapat berguna bagi teman-teman semua, jika teman-teman mempunyai pertanyaan silahkan comment dibawah ini..

Sekian terimakasih. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh..
Previous
Next Post »