Halo
kawan-kawanku semuanya,. Mmm.. sebelumnya saya telah posting mengenai “Langkah awal memulai pemprograman mobile (Install Tools)”. Nah, jadi
setelah kemarin kita belajar mengenai cara menginstall tool untuk pemprogramanandroid, Kali ini kita akan belajar bareng mengenai bagaimana langkah awal
dalam belajar ngoding di pemprograman mobile, nah, yang akan kita buat kali ini
adalah program sederhana terlebih dahulu yaitu membuat Hello Word dan
memodifikasi serta menampilkan text pada program android.
Oke..
langsung saja kita mulai step by stepnya :
1. Baca
basmallah ya jangan kelupaan.. J
2.
Sebelumnya jangan lupa di install dulu tool-tool untuk melakukan pemprograman
mobile, Nah. Teman-teman dapat membacanya pada posting saya “Langkah awal memulai pemprograman mobile (Install Tools)”.
3. Setelah
mendownload tool, silahkan teman-teman buka folder adt-bundle-windows-x86-20131030.
Nah setelah itu siahkan masuk ke folder eclipse.
Spoiler Screenshots "gambar folder eclipse":
4. Nah silahkan
dibuka tuh, eclipse.exe’nya.
Spoiler Screenshots "gambar lokasi eclipse.exe":
5. Setelah
teman-teman buka eclipse.exe nanti akan ada window “workspace launcher” nah
silahkan pilih lokasi dimana teman-teman mau menyimpan workspace atau hasil
kerja teman-teman.
Spoiler Screenshots "gambar setting workspace":
6. Setelah
masuk ketampilan awal, aplikasi eclipse. Mari kita mulai langkah membuat
projectnya. Setelah teman-teman masuk ke interface awal eclipse silahkan
teman-teman klik file -> new -> Android Aplications Project
Spoiler Screenshots "Gambar dari penjelasan diatas":
Spoiler Screenshots "Gambar setting nama dan spesifikasi project":
8. Seteleh
itu akan muncul tampilan seperti yang dibawah ini, tampilan dibawah ini pada
intinya adalah setting dimana lokasi workspace yang nantinya akan kita gunakan
untuk menyimpan workspace kita. Setelah itu langsung pilih next saja.
Spoiler Screenshots "Gambar Setting custom workspace":
9. Nah
setelah kita tekan next, kita akan dihadapkan pada window Configure Launcher Icon, Nah disini kita dapat menambah, mengganti
dan mengatur icon Aplikasi Android yang akan kita buat. Silahkan lihat pada
Gambar dibawah ini.
Spoiler Screenshots "Cara Setting Louncher Icon":
10. Nah setelah kita melakukan setting louncher,
maka akan muncul window baru yaitu Create
Activity, Nah disini kita pilih Blank Activity saja lalu klik next.
Spoiler Screenshots "Tampilan window Create Activity":
11. Nah
setelah itu teman-teman akan dihadapkan oleh window Blank Activity, Nah disitu kita dapat mengganti nama dari activity
kita. Tapi disini saya akan langsung tekan finish saja.
Spoiler Screenshots "Tampilan window Blank Activty":
12. Nah
setelah itu kita akan dihadapkan pada tampilan dimana terdapat project yang
telah kita buat tadi.
Spoiler Screenshots "Tampilan awal project HelloWorld":
13. Nah
setelah kita cermati dari sub-bagian project yang kita buat tadi terdapat 4 folder
yang fungsinya sangat penting, yaitu : src, gen, assets, res. Nah masing-masing
dari folder tersebut mempunyai tugas dan fungsi masing-masing, nah
penjelasannya sebagai berikut :
src : merupakan folder
untuk source
gen : merupakan folde rmisterius berisikan file yang digenerate oleh ADT
assets : merupakan folder untuk menempatkan berbagai file asset (data) yang dimiliki project (contoh : file data dari SQLite). Data difolder ini dapat diakses melalui Asset Manager atau metode getAssets().
res : merupakan folder untuk menempatkan berbagai resource yang digunakan oleh project, misal : filexml, icon atau picture
gen : merupakan folde rmisterius berisikan file yang digenerate oleh ADT
assets : merupakan folder untuk menempatkan berbagai file asset (data) yang dimiliki project (contoh : file data dari SQLite). Data difolder ini dapat diakses melalui Asset Manager atau metode getAssets().
res : merupakan folder untuk menempatkan berbagai resource yang digunakan oleh project, misal : filexml, icon atau picture
Spoiler Screenshots "Tampilan 4 folder tersebut":
14. Nah
untuk tutorial kali ini ada 3 file yang akan sering kita utak-atik yaitu
MainActivity.java, activity_main.xml, strings.xml.
Spoiler Screenshots "Inilah ke 3 file yang dimaksudkan diatas":
15. Oke,
untuk yang pertama kali kita buka, silahkan teman-teman buka folder res ->
values -> lalu pilih strings.xml, nah jika yang muncul Android Resources
silahkan klik string.xml pada dialog box dibawahnya. Silahkan lihat pada gambar
dibawah ini :
Spoiler Screenshots "Cara memunculkan source code string.xml":
16. Nah
setelah melakukan langkah diatas maka akan didapati tampilan seperti yang
dibawah ini :
Spoiler Screenshots "Tampilan awal string.xml":
17. Nah
pada strings.xml ini berfungsi menyimpan string object agar nilai dari string
object tersebut dapat digunakan oleh komponen - komponen android eclipse, Yap..
pada tutorial kali ini saya akan menggunakan beberapa varibel misalnya
Awal_Pembuka, NIM, Nama_Lengkap, Kel_Kelas, Kata_Mutiara1, Kata_Mutiara2,
Kata_Mutiara3, Kata_Mutiara4. Nah untuk melihat contohnya langsung saja ke
gambar yang dibawah ini :
Spoiler Screenshots "Cara Menambahkan Variabel pada Strings.xml":
18. Nah
setelah kita tadi otak-atik menambahkan variable string ke dalam strings.xml,
kini sekarang saatnya kita utak atik dibagian activity_main.xml yang berada
dalam folder res -> layout -> activity_main.xml. Nah setelah kita membuka
activity_main.xml. Kita akan melakukan beberapa tahap : (a) Dibagian pokok kiri atas activity_main terdapat panel Palatte, (b) nah pada palatte itu klik Form
Widget, maka akan didapati tulisan TextView,
(c) nah langsung di seret / drag
saja kedalam layer dibawah tulisan helloword. (d) Nah setelah itu klik kanan pada TextView yang kita drag tadi
terus pilih Edit Text, atau teman-teman langsung bisa memanggil fungsi itu
dengan menekan tombol F2, (e) Setelah
itu akan muncul jendela Resource Chooser,
nah pada jendela Resource Chooser silahkan pilih variable yang telah kita
buat tadi. (f) Nah, setelah kita
memilih variable terhadap TextView tadi maka TextView tersebut akan secara
otomatis berubah mempunyai value seperti yang telah kita definisikan pada
bagian strings.xml tadi. (g) Jadi
lakukan terus langkah diatas sampai variable yang kita buat tadi terpakai
semua.
Untuk
lebih jelasnya mengenai alur langkah diatas dapat dilihat pada gambar dibawah
ini :
Spoiler Screeshots "Cara sederhana otak-atik activity_main.xml":
19. Nah
setelah kita lakukan beberapa langkah tadi maka akan didapati hasil pada
activity_main.xml seperti yang dibawah ini :
Spoiler Screeshots "Hasil sederhana otak-atik activity_main.xml":
20. Oke
kita sudah selesai ngoding, nah masalahnya bagaimana cara melakukan compilenya
? Oke langsung aja yah.. jadi disini saya akan mengajari teman-teman yang sudah
mempunyai android untuk menggunakan devicenya sebagai runner, compiler program
yang telah kita buat tadi. Yapp langsung
saja : (a) Pertama-tama sambungkan
android teman-teman kedalam komputer teman-teman menggunakan kabel usb (b) Oh iya jangan kelupaan untuk terlebih
dahulu teman-teman install driver USB dari smartphone teman-teman kedalam
komputer yang teman-teman gunakan. Jika ada yang tidak mempunyai drivernya bisa
request ke saya untuk saya carikan J, (c) Setelah teman-teman install driver
USB smartphone, langsung saja tuh si lenny dibuat ke modus USB Debugging (d) Ok, si lenny siap di gunakan untuk
run aplikasi kita.
Yapp..
disini saya menggunakan Smartphone lenovo s920, nah inilah screenshot untuk
mempermudah langkah-langkah diatas.
Spoilers Screenshots "Cara melakukan setting pada smartphone sebagai Running Android Device":
21. Yap
setelah itu langsung saja pada project yang telah kita buat tadi, sebagai
contohnya yang saya buat tadi adalah project CobaBuatHelloWorld kita klik kanan
pada project, terus Run As -> Android Aplication.
Spoiler Screenshots "Langkah Melakukan Run As":
22.
Setelah kita melakukan langkah diatas maka kita akan dihadapkan pada window
baru Android Device Chooser, Nah
silahkan pilih device android teman-teman, kemudian klik ok. Untuk lebih
jelasnya klik pada spoiler dibawah ini :
Spoiler Screenshots "Android Device Chooser":
23. Wowowowo...
langsung saja, cek tuh di SmartPhone kita bahwa aplikasi sudah terinstall di
gadget kita, silahkan lihat beberapa screenshots pada android saya pada spoiler
dibawah ini :
Spoiler Screenshots "Wujud program yang dibuat pada android device saya":
Ok, sekian
terimakasih.. Semoga dengan hal ini akan mengawali kita agar lebih bersemangar
dalam mencoba, oprek, otak-atik dan berkarya dengan pemprograman mobile.
Semoga
dapat berguna bagi teman-teman semua, jika teman-teman mempunyai pertanyaan
silahkan comment dibawah ini..
Sekian
terimakasih. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh..